Friday, June 5, 2015

Resep Sate Ayam Selalu Terkenang

Ketika masih kuliah di Semarang, saya selalu teringat ketika tengah malam perut keroncongan tapi warung-warung sudah pada tutup, malam-malam begitu biasanya ada satu orang yang sangat saya tunggu-tunggu, yaitu tukang sate ayam, dengan suaranya yang khas logat madura si tukang sate biasanya berteriak "sate,sate,sate". Satu porsi sate ayam pun saya pesan, yang terdiri dari 10 tusuk sate ayam dan lontong satu. Rasa sate ayam memang tidak mudah untuk dilupakan dan para pedagang sate ayam madura sangat menjaga kualitas rasanya, meskipun penjualnya berbeda-beda tapi rasanya tetap sama.Resep Sate Ayam Madura ini biasanya turun temurun.

Kali ini saya mencoba menghadirkan sebuah tulisan sederhana tentang Resep Sate Ayam yang Selalu Terkenang,Sate Ayam merupakan Makanan Asli Indonesia kita tidak tahu mulai kapan Resep Sate Ayam di ciptakan, yang pasti resep ini adalah resep turun temurun. Untuk memulai tulisan saya tentang Resep Sate Ayam yang Selalu Terkenang, saya mulai dari mencari-cari beberapa referensi tentang Resep Sate Ayam, diantaranya dari Food Network, Google, Google+ akhirnya terkumpul beberapa materi untuk menulis artikel ini.

Resep Sate Ayam

Untuk membuat Resep Sate Ayam Selalu Terkenang ini dibutuhkan beberapa bahan dan bumbu-bumbu yang cukup banyak dan proses meracik dan memasak yang cukup rumit dan agak lama, oleh karena itu diperlukan ketelitian dan kejelihan untuk membuatnya. Untuk pertama yang dipersiapkan dalam membuat Sate Ayam adalah bahan-bahan sebagai berikut: 1 ekor ayam yang gemuk dan muda, tusukan sate (sujen). sedangkan bumbu yang digunakan untuk mengolah daging ayamnya adalah sebagai berikut:
  1. 3 biji bawang merah.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. 3 biji cabe merah.
  4. 10 biji cabe rawit, 
  5. 5 butir kemiri.
  6. 5 sendok makan kacang tanah yang telah didigoreng.
  7. Kecap manis.
  8. Gula merah.
  9. Garam.
  10. Jeruk nipis.

Untuk menjadi perhatian bahwasannya Bahan dan bumbu-bumbu diatas disesuaikan dengan porsi yang diinginkan, kalau porsi yang diinginkan besar, maka dibutuhkan bahan dan bumbu-bumbu yang banyak pula tergantung porsi yang diinginkan.

Cara Memasak Menu Sate Ayam

Hal pertama yang dilakukan adalah daging ayam dipotong persegi kecil-kecil seperti dadu. satu tusuk sate diisi 5 potongan. Gajihnya ditaruh ditengah. Bawang putih digerus halus, 4 sendok kecap, 2 sendok minyak ayam, 4 sendok air diaduk-aduk lalu dicelupkannya sate tadi dalam bumbu, terus dibakar sampai bumbunya meresap. waktu menghidangkannya dengan bumbu yaitu: cabe merah dibuang bijinya terus digodok dan ditumbuk halus.

Sedangkan untuk membuat bumbu satenya adalah kemiri, kaacang tanah yang sudah digoreng, bawang merah, gula, lalu ditumis dan dituangiair secukupnya. jika sudah kemudian diangkat, masukkan cabe merah yang sudah digoreng halus tadi, diaduk-aduk lalu digerus lagi. Sate Ayam ini lezat dimakan dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan tapi dicampuri dengan kecap manis dan perasan jeruk nipis, Apabila kurang pedas bisa ditambah dengan cabe lagi. Sate Ayam nikmat kalo disajikan dengan lontong.

Demikian tulisan singkat saya tentang Resep Sate Ayam Selalu Terkenang, harapan saya tulisan ini bisa membantu anda membuat menu masakan Sate Ayam sendiri dirumah.untuk membantu anda juga dalam membuat resep-resep makanan tradisional baca juga Resep Sambal Goreng Hati Terpopuler, Resep Mie Jawa yang Menggoyang Lidah, Resep Acar Ketimun Pelengkap Bermanfaat, Resep Soto Kudus Tak Terlupakan,dan Resep Gudeg Yogya yang Kondang.


No comments:

Post a Comment