Sunday, May 31, 2015

Resep Gudeg Yogya yang Kondang


resep makanan asli Indonesia yang nikmat


Ketika masih kerja di kota Yogyakarta saya menemukan aneka macam makanan,mulai dari pecel lele,Mie Jawa,semur asem,garang asem,belut goreng, bebek bacem, Soto Kudus dan banyak lagi makanan yang memanjakan lidah saya,tapi dari sekian banyak makanan yang saya temukan di kota yogyakarta ada satu makanan yang membuat saya selalu ingin kembali ke yogyakarta,makanan itu menjadi ciri khas kota yogyakarta yaitu Gudeg Yogya.

Dari pengalaman saya menikmati nikmatnya Gudeg Yogya membuat hati saya tergugah untuk membuat sebuah tulisan yang mampu menggambarkan bagaimana proses awal pembuatan Gudeg Yogya sampai pada proses disajikan bagi penikmatnya, mulai lah saya mencari referensi tentang Gudeg Yogya di Wikipedia dan mencari info-info tentang Gudeg Yogya dari teman-teman melalui facebook maupun twitter,sehingga terkumpullah banyak informasi tentang resep makanan gudeg Yogya yang akan saya sajikan berikut ini:

Resep Gudeg Yogya yang Kondang


Saya akan menulis resep makanan sederhana dan jelas tentang Resep Gudeg Yogya  yang Kondang agar pembaca mudah memahami dan cepat menangkap maksud dari tulisan saya,pembahasan akan saya mulai dari:

Bahan Resep Gudeg Yogya yang Kondang:


bahan-bahan yang digunakan untuk membuat racikan makanan gudeg yogya adalah:
  1. Nangka Muda
  2. Telur
  3. Separo ayam sedang
  4. 1/2 butir kelapa
  5. 3 lembar daun jati.
bahan-bahan untuk membuat resep makanan gudeg yogya sangat mudah di dapatkan di pasar-pasar tradisional disekitar kita atau kalau saudara-saudara punya kebun sendiri bahan-bahan untuk membuat resep makanan gudeg yogya mudah untuk ditanam.setelah bahan-bahan resep makanan gudeg Yogya sudah terkumpul langkah selanjutnya adalah menyiapkan:

Bumbu Resep Gudeg Yogya yang Kondang:


resep makanan asli Indonesia yang nikmat

Untuk membuat resep makanan gudeg Yogya dibutuhkan beberapa bumbu sebagai berikut:
  1. 3 biji bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh, ketumbar
  4. 6 butir kemiri
  5. 2 potong laos
  6. 1/4 sendok teh terasi
  7. 3 lembar daun salam
  8. 1 sendok makan garam
  9. 2 sendok makan gula merah
  10. vitsin.
Bahan-bahan resep makanan gudeg yogya ini mudah di dapatkan di pasar tradisional maupun toko-toko di sekitar kita.kemudian setelah semua bahan dan bumbu untuk membuat Resep Gudeg Yogya terkumpul langkah selanjutnya adalah:

Cara Memasak Resep Gudeg Yogya yang Kondang


Proses mamasak resep makanan Gudeg Yogya membutuhkan waktu lama dan juga kecermatan agar dihasilkan cita rasa gudeg yogya yang membuat lidah penikmatnya bergoyang dan membuat penikmat gudeg yogya selalu rindu untuk kembali menikmatinya.langkah pertama yang dilakukan untuk memasak Resep Gudeg Yogya adalah merebus telur dan memarut kelapa, nangka muda dipotong-potong agak kasar setelah di cuci lebih dahulu. kemudian rebuslah dengan daun jati ,supaya timbul warna merah,tunggu sampai nangkanya lunak.tiriskan lalu memarkan. bumbu-bumbu diatas dihaluskan kecuali daun salam dan laos.setelah bumbu halus masukkan bumbu bersama santan,potongan ayam dan potongan nangka yang telah memar ke dalam panci.kemudian tambahkan daun salam dan laos, rebus terus hingga santannya habis.langkah terakhir memasak resep makanan gudeg yogya adalah memasukkan telur yang telah dikupas, ditambah santan kental dan rebuslah hingga santannya habis.

Demikianlah tulisan tentang resep makanan gudeg yogya yang dapat saya sajikan,resep makanan sederhana ini semoga mampu memberi arti bagi pembaca blog saya,dan juga mampu mengundang para peminat wisata kuliner untuk datang Ke kota yogyakarta yang kaya akan wisata kuliner dan wisata belanja,sehingga mendongkrak pariwisata lokal Indonesia di dalam negeri maupun di luar negeri.saran saya bagi pembaca yang belum pernah menikmati Resep Gudeg Yogya silahkan di coba dan saya jamin anda akan ketagihan.



resep makanan asli Indonesia yang nikmat

No comments:

Post a Comment