Monday, June 1, 2015

Resep Mie Jawa yang Menggoyang Lidah

resep makanan nusantara mie jawa


Di Indonesia Mie merupakan salah satu makanan favorit rakyat, rasanya yang gurih dan penyajiannya yang mudah membuat makanan satu ini digemari oleh semua kalangan,baik kalangan bawah, menengah maupun kalangan atas,makanya tidak heran di Indonesia banyak sekali warung yang menyajikan menu utamanya adalah mie,mulai dari mie bakso,mie ayam,mie jawa, mie goreng, mie kuah dan masih banyak lagi olahan mie di negeri ini.

Dari fakta diatas membuat saya tergelitik untuk menulis sebuah resep masakan indonesia berbahan mie, dari sekian banyak varian mie yang telah saya sebutkan diatas ada satu varian yang menjadi favorit saya yaitu mie jawa.Langkah awal sebelum saya menulis resep kuliner indonesia yang satu ini adalah dengan mengumpulkan refrensi aneka masakan nusantara, mulai dari wikipedia, BOGARIA  dan situs-situs yang lain.

Resep Mie Jawa yang Menggoyang Lidah


Mie Jawa ini merupakan resep makanan asli Indonesia dan termasuk resep masakan sederhana, sehingga meraciknya pun tidak begitu rumit dan bisa dilakukan sendiri di rumah.bagi anda yang ingin membuat Resep Mie Jawa yang Menggoyang Lidah ,perlu menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut:
  1. 1 ons udang basah
  2. 1/4 kg mie basah
  3. 1 ons daging sapi yang sudah dipotong-potong
  4. Taoge
  5. Kol yang sudah diiris
  6. Acar ketimun.
Di samping bahan-bahan tersebut diatas anda juga harus menyiapkan pula beberapa bumbu sebagai berikut:
  1. 3 siung bawang putih
  2. Minyak goreeng
  3. 5 batang daun bawang
  4. 1 sendok makan kecap
  5. 1 sendok makan daun seledri yang telah diiris halus
  6. 10 bawang merah (digoreng)
  7. Merica
  8. Garam
  9. Vitsin
  10. Kaldu.

Bahan-bahan dan bumbu diatas takarannya disesuaikan dengan porsi yang diinginkan apabila porsi yang diinginkan lebih besar, maka takarannya dikalikan sesuai dengan porsi yang diinginkan. untuk takaran diatas diperuntukkan untuk porsi Resep Mie Jawa buat 3 orang.

Cara Memasak Mie Jawa


Resep Mie Jawa ini termasuk makanan yang lebih mantap kalau disajikan dalam kondisi masih hangat, karena apabila disantap dalam kondisi sudah dingin Mie Jawa akan terasa kurang nikmat, oleh karena itu untuk masak makanan mie jawa ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah, bawang putih di pecah lalu diiris, daun bawang bagian putihnya diiris halus, digoreng sampai layu. Masukkan dagingnya,udang yang sudah dikupas dan potong-potong, aduk-aduk sampai matang. Kemudian tuang 1 cangkir kaldu sapi. Langkah selanjutnya masukkan semua bumbu dan sayur, jika mendidih masukkan minyak, aduk-aduk sebentar lalu diangkat.setelah semua selesai dilakukan proses memasak makanan mie jawa ini selesai. tahap selanjutnya adalah disajikan dalam kondisi masih panas  dan diatasnya ditaburi bawang goreng dengan acar ketimun dan cabe rawit.


Demikian tulisan saya tentang Resep Mie Jawa yang Menggoyang Lidah, semoga dapat memeberikan manfaat dan dapat melestarikan budaya serta keragaman masakan nusantara di bumi indonesia.tujuan dari penulisan artikel ini adalah agar anak cucu kita nanti tidak lupa akan potensi negerinya sendiri, yang sebenarnya sangat kaya dengan resep-resep makanan yang terbuat dari bumbu-bumbu yang di hasilkan rempah-rempah dan hasil bumi nusantara.

No comments:

Post a Comment