Wednesday, June 3, 2015

Resep Acar Ketimun Pelengkap Bermanfaat

Ketika kita memakan makanan terkadang ada pelengkap untuk menyantap makanan tersebut, semisal Mie ayam takkan nikmat tanpa saos, begitu juga Bakso kalau tidak pakai cuka akan terasa hambar, maka dari itu ada yang namanya makanan utama dan ada yang namanya makanan pelengkap. Makanan pelengkap ada kalanya di sajikan sebelum atau sesudah menyantap makanan utama tapi ada juga makanan pelengkap yang yang disantap bersamaan dengan makanan utama, semisal sambal, saos, acar dan cuka.

Kali ini saya akan menulis Sebuah Resep makanan yang mungkin keberadaannya kurang begitu penting, tapi beberapa yang kalau tanpa makanan ini akan terasa kurang lengkap yaitu Resep Acar Ketimun Pelengkap Bermanfaat, semisal ketika kita menikmati Mie Jawa yang Menggoyang Lidah atau Mie Goreng tanpa Acar Ketimun akan terasa hambar dan kurang lengkap.

Resep Acar Ketimun

Resep Acar Ketimun Pelengkap Bermanfaat adalah salah satu resep makanan sederhana dan juga termasuk resep masakan asli Indonesia, menu makanan ini meraciknya tidak terlalu sulit dan juga tidak banyak memakan waktu. Untuk membuat Resep Acar Ketimun Pelengkap Bermanfaat ini, yang pertama harus dipersiapkan adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini, bahan-bahannya adalah sebagai berikut: 11/2 kg ketimun, 10 buah bawang merah, 1/4 ons caab rawit, 1/2 kg gula pasir, 75 cc cuka, 3 buah cabe merah, 2 siung bawang putih, 1 ruas jari jahe, 50 gram garam, 1/2 liter air.

Cara Membuat Acar Ketimun

Setelah semua bahan terkumpul langkah selanjutnya adalah meracik bahan-bahan diatas menjadi acar ketimun, meskipun pembuatan acar ketimun ini sederhana dan cepat tapi acar ketimun ini baru bisa disajikan setelah disimpan selama 2 hari.langkah-langkahnya sebagai berikut:
Rebus air hingga mendidih, tambahkan cuka, garam dan gula, sesudah hancur kemudia di dinginkan lalu disaring dengan kain penyaring. Kupas bawang merah, biarkan utuh dan juga cabe rawit. Kupas jahe kemudian diiris tipis-tipis. Buang biji cabe merah kemudian potong jadi tiga. Iris halus bawang putih. Sedu bumbu-bumbu tersebut dengan air mendidih. Keluarkan biji ketimun, cuci, potong-potong, kemudian bersihkan dengan air masak. Masukkan semua bahan setelah cairan menjadi dingin. Setelah dua hari acar dapat dimakan. Masukkan dalam stoples.
Re
Demikian tulisan singkat tentang salah satu Resep masakan nusantara yaitu resep Acar Ketimun Pelengkap Bermanfaat. Harapan saya tulisan dapat menambah wawasan anda tentang resep-resep masakan nusantara, serta sebagai sarana melestarikan budaya negeri sendiri agar tidak hilang di telan zaman.tulisan ini banayak mengambil refrensi dari wikipedia.

No comments:

Post a Comment